Jumat, 18 September 2015

Rebozo

Memasuki trimester tiga atau kehamilan tua diatas 28 minggu, tentunya ibu hamil akan mersakan hal yang kurang nyaman di bagian panggul. Seiring dengan bertambah besarnya janin di tambah posisi kepala janin yang telah masuk ke dalam panggul. Maka dibutuhkan beberapa teknik relaksasi yang dapat digunakan ibu untuk mengurangi rasa tidak nyaman tersebut atau bahkan dapat menghilangkannya.


Diantara banyak teknik relaksasi seperti latihan mengatur nafas, berfikir positif bahwa proses kehamilan sampai persalinan nanti adalah anugerah yang diberikan Allah, bercanda dengan suami, dsb.

Saya menemukan teknik rebozo. Dari namanya kita bisa menduga bahwa teknik ini bukan datang dari Indonesia, yup ini adalah teknik relaksasi yang berasal dari Eslandia, wow jauh yaaa.. ^^

Teknik rebozo tuh apa sih?

Rebozo adalah secarik kain yang digunakan oleh bidan Eslandia untuk membantu melahirkan. Kain dililitkan di sekitar panggul dan bokong, kemudian digoyangkan pelan-pelan setiap terjadi kontraksi. Hal ini akan membuat ibu menjadi rileks dan membantu kepala bayi semakin turun.

Unik ya?

Beberapa kali saya coba ketika mendampingi persalinan dan ketika menajar senam, hasilnya memang individual ya.. namun kebanyakan dari mereka mengaku lebih nyaman.

1 komentar: