Sabtu, 31 Desember 2011

Sindu Bocah India


Istriku berkata kepada aku yang sedang baca koran. Berapa lama lagi kamu baca koran itu? Tolong kamu ke sini dan bantu anak perempuanmu tersayang untuk makan. Aku taruh koran dan melihat anak perempuanku satu2nya, namanya Sindu tampak ketakutan, air matanya banjir di depannya ada semangkuk nasi berisi nasi susu asam/yogurt (nasi khas India /curd rice). Sindu anak yang manis dan termasuk pintar dalam usianya yang baru 8 tahun. Dia sangat tidak suka makan curd rice ini. Ibu dan istriku masih kuno, mereka percaya sekali kalau makan curd rice ada “cooling effect”.

Jumat, 30 Desember 2011

Meniti Jalur Dakwah

Cerita dakwah adalah cerita indah. Jalannya penuh liku dan cabarannya menuntut pengorbanan. Tidak ada yang lebih indah dalam kehidupan seorang pendakwah apabila dgn izin Allah orang yang didakwah berubah.

Kerja dakwah adalah kerja mulia. Tanpa dakwah ajakan tidak akan berlaku dan seruan tidak akan terjadi. Dakwah bukan sekadar menjentik minda tetapi perlu juga mejentik hati. Kalimah dakwah bukan shaja berfikir ttapi membimbing manusia merasa kebenaran. Jalur dakwah adalah jalur terbaik membimbing manusia berubah.~

* Kerja dakwah adalah tugasku, pemberi hidayah adalah kerja Allah. Apabila orang tdak berubah, caraku mungkin tidak kena. Orang tidak harus dipersalahkan. Apa yang penting PUTUS ASA tidak ada dalam diri *

~Selagi prinsip ini menjadi tunjang seorang murabbi dan da'i, gerak kerja dakwah akan terus subur dan Islam akan terus bangkit membawa perubahan~

(sumber: berantai)

Kamis, 29 Desember 2011

CN

Carbon (arang) adalah zat yang berguna untuk proses pemurnian dalam dunia industri, dan digunakan untuk membakar sate di Warung Sate. Nitrogen juga merupakan zat yang sangat berguna dalam dunia medis, bahkan sekarang digunakan untuk mengisi ban mobil anda agar lebih stabil. Anehnya, Carbon (C) dan Nitrogen (N) yang keduanya adalah zat yang berguna, tapi ketika keduanya bersatu membentuk Sianida (CN) maka daya gunanya mendadak sirna, dan muncul sifat baru yang berbahaya. Sianida (CN) adalah racun.

Sianida adalah zat buruk yang terbentuk oleh dua zat yang baik. Ini adalah tamsil bagi kita bahwa seorang penjahat dapat lahir dari pasangan orang tua yang baik-baik. Karena itu, sekalipun suasana rumah tangga sudah baik, jangan pernah merasa aman terhadap nasib anak-anak! Waspada selalu terhadap anak-anak. Berilah perhatian yang cukup pada mereka. Berikan bimbingan dan kontrol yang memadai agar anak-anak tidak menjadi “Sianida”.

Rabu, 28 Desember 2011

Apa Kau Mencintaiku?

Ketika hendak melamar laki-laki itu ditanya:

Ukhti : Apa kau mencintaiku??
Akhi : Tidak, aku mencintai Allah Tabaraka Wata'ala.

Ukhti : Apa kau mencintaiku??
Akhi : Tidak, aku mencintai Muhammad Salallahu 'alaihi wasallam.

Ukhti : Lalu apa tujuanmu melamar ku??
Akhi : Aku memilihmu karena Aku mencintai Allah dan Menghidupkan sunnah NabiNya, dengan begitu aku berharap Dia akan mencintai kita.

Biarkan Apa Kata Mereka

A: Kamu gak gerah pakai jilbab siang" panas gini
B: Neraka itu 1000x lebih panas dari siang hari ini

A: Kenapa sih kamu suka pakai baju" panjang kayak emak", ntar dapet jodohnya kakek" lho
B: Di surga nanti tdk ada kakek" dan tdk ada nenek"

Doa

Aku meminta
Kau memberiku 3 jawaban
Tidak, ini tak baik untukmu
Ya, baiklah
Tunggulah, Aku sedang mempersiapkan
Sederhana saja, bukan?

by: eL

Renungan O2



Pernahkah kita menanyakan harga Oksigen di Apotik?
Jika blm tau, ± Rp 25rb/ltr.

Pernahkah kita menanyakan harga Nitrogen di apotik?
Jika blm tau, ± Rp 9950/ltr.

Selasa, 27 Desember 2011

Anak Yang Tidak Kenal Rasa Sakit

Semua orang pasti tak ingin merasakan sakit. Tapi, bagaimana jika tubuh benar-benar kebal atau tak bisa merasakan sakit sama sekali, seperti yang dialami bocah tiga tahun asal Telford, Shropshire, Inggris: Josh Hodgkiss.

Lantaran tak bisa merasakan sakit, Josh santai mencabut kukunya sendiri, menggigit lidahnya hingga terpotong setengah, dan membenturkan tubuhnya hingga lebam. Ia tak sadar telah menyiksa diri sendiri. Ia bahkan tak sadar aksi itu bisa membuat nyawanya melayang.

CALL ALLAH EVERYTIME

Renungan Mengingat Allah

Sahabat, Bayangkan bila pada saat kita berdoa dan mendengar ini:

"Terima kasih, Anda telah menghubungi Rumah Allah ?"

Pilihlah salah satu:

* Tekan 1 untuk "meminta"
* Tekan 2 untuk "mengucap syukur"
* Tekan 3 untuk "mengeluh"
* Tekan 4 untuk "permintaan lainnya"

Tipis

"Cie.. rambut lo sekarang keriting Ni?" ledek Tanto.
Wajah Nia merah menyala, tangannya meremas ujung bajunya dengan geram, "Tanto, sudah cukup selama ini kau meledek aku, jujur saja kau memata-mataiku bukan? Kenapa kau selalu meledek rambutku, aku ini wanita berjilbab, sopanlah sedikit kau itu."
Tanto menyunggingkan senyum simetrisnya, "Aku selalu meledekmu, kupikir kau akan segera sadar Ni, nyatanya belum juga, aku tahu segala bentuk rambutmu, lihatlah jilbab tipismu itu."

Minggu, 25 Desember 2011

Siapakah Wanita yang Pertama Masuk Surga?

Pernahkah terbersit dalam pikiran anda untuk bertanya “Siapa sih wanita yang pertama masuk surga di akhirat kelak?”. Sebuah pertanyaan iseng yang kalo dipikir-pikir sih ternyata membuat kita penasaran juga ya. Jika anda penasaran (seperti juga aku ketika itu), maka anda sama penasarannya dengan Siti Fatimah, putri Rasulullah Saw. Ia berniat menanyakan hal ini kepada ayahandanya.

Ternyata Peta Dunia


Ternyata peta dunia kalau di balik terbentuk tulisan Allah swt dan nabi Muhammad saw, bagi yang belum tahu.
Qs.6 An’aam:75.

“Dan demikianlah Kami perlihatkan kepada Ibrahim tanda-tanda keagungan di langit dan bumi dan agar dia termasuk orang yang yakin."

Perasaan Hujan


Kutengadahkan wajahku ke arah langit, aku harap dia menyapaku sopan. Wuzzzzz ternyata dia datangkan banyak air yang tak mampu ku hitung. Ini yang ku sebut HUJAN.


Aku dipeluk
Tubuhku dingin, basah
Katanya ungkapan rindu
Ku sampaikan saja kalimat sederhana
Aku cinta hujan

Syahrini

Namanya Syahrini, senyum simpul mengguratkan bahagia, tapi ntah mengapa, butiran gerimis di wajah mungilnya menjadikanku sedih, "kamu kenapa?" tanyaku pelan.
Syahrini terdiam. Perlahan dia menundukkan kepalanya, kuikuti saja gerak kepalanya ke arah bawah, "Astaga, maaf Syahrini" ternyata aku menginjak kakinya

NaCl


“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal” (QS Ali Imran 190).

Natrium adalah zat yang sangat berbahaya. Chlor juga zat yang sangat berbahaya. Tapi setelah keduanya bersatu membentuk Natrium Chlorida, maka kedua sifat buruknya (membakar dan beracun) musnah! Bahkan Natrium Chlorida (garam) adalah zat yang sangat dibutuhkan oleh manusia sebagai penyedap rasa.

Inilah i’tibar luar biasa yang diberikan Allah untuk kita tiru. Kita harus mampu bersatu (berjamaah) untuk membentuk sebuah kekuatan baru yang positif, walaupun secara individual kita memiliki kekurangan.

Menikah Lagi



"Umi.. Bolehkah Abi menikah lagi?"
Sontak wanita bertudung biru itu kaget, mengingat tahun pernikahan yang telah berjalan lebih dari 10 tahun, si istri mencoba menekan amarahnya dengan sabar dan tersenyum, "Dengan siapa abi?"
Sang suami tersenyum penuh misteri, kemudian "Dengan umi, abi ingin menikah lagi dengan umi di surga nanti."
"Amin ya mujiib" jawab istrinya dengan terharu.

Maukah Menjadi Pacarku?

"Maukah kau menjadi pacarku..."
Dewi terlihat gusar, matanya memicing tajam seolah akan memburu lelaki didepan batang hidungnya, "Dan janganlah kamu mendekati zina; Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. dan suatu jalan yang buruk." (QS. Al-Isra’ : 32)
Lelaki yang dikenal dengan nama Habib itu tersenyum, "Tunggu dulu, saya belum selesai bicara, maukah kau menjadi pacarku setelah menikah?"
"Datanglah ke rumah, pintalah aku kepada kedua orang tuaku."

Minggu, 11 Desember 2011

Yuk Silaturrahim

مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ وَأَنْ يُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ
Artinya: “Barangsiapa yang senang untuk dilapangkan rizkinya dan diakhirkan ajalnya (dipanjangkan umurnya), maka hendaklah ia menyambung (tali) silaturrahim.”


Membaca ayat ini jadi inget status facebook yang di posting El Mukarrima 2 jam lalu.
Status: Allahu Akbar.. masih teringat jelas hari kamis kemarin aku pasang status pengen buku Guyton yang harganya sekitar satu jutaan, tapi apa daya uang tak mencukupi.
Barusan aja, iseng silaturrahim ke rumah mas, pulang-pulang aku dibawain buku sobotta yang harganya 3,5 juta, oh Allah mimpi apa aku ini, belum cukup kaget campur seneng, ditambah lagi buku ilmu kebidanan... mueheheheheu, love love love masku yang paling ganteng dewe :D

Hari ini ALLAH udah nunjukin 2 fakta tentang, "SILATURRAHIM ITU MEMBAWA REZEKI"
^^
Alhamdulillaaaaah...

Subhanallah, luar biasa, bagaimana menurutmu kawan? Dahsyatnya silaturrahim, Allah tak hanya mengabulkan doaku, melainkan Dia memberikan sesuatu yang sangat berlebih, Fabiayyi 'ala irobbikuma tukadziban.

Ayo jangan remehkan silaturrahim... :)


ps: Makasi bangeeeeet buat dr. Abdul Ghofur, semoga studinya di UNAIR diberi kemudahan dan kelancaran, amin...

Minggu, 04 Desember 2011

Universitas Kehidupan

Wanita adalah...

1. Orang yang akan mendampingimu seumur hidup.
2. Orang yang akan melahirkan anak-anakmu, walau dengan penuh rasa sakit.
3. Orang yang merawatmu sampai tua.
4. Orang yang akan merawatmu pada saat kau sakit.
5. Orang yang akan selalu mendukung walau kau gagal berpuluh" bahkan beratus" kali.
6. Orang yang memberikan hidupnya untukmu. Bahkan ia membuang egonya demi bersamamu. Bahkan saat kau menyakitinya, ia tetap berada disampingmu..

Sedangkan pria adalah..

Senin, 28 November 2011

Bocah Amerika Masuk Islam


Rasulullah saw bersabda: ”Setiap bayi yang dilahirkan dalam keadaan fitrah. Maka kedua orang tuanyalah yang menjadikannya Yahudi, atau Nasrani, atau Majusi.” (HR. Bukhari)
Kisah bocah Amerika ini tidak lain adalah sebuah bukti yang membenarkan hadits tersebut di atas. Alexander Pertz dilahirkan dari kedua orang tua Nasrani pada tahun 1990 M. Sejak awal ibunya telah memutuskan untuk membiarkannya memilih agamanya jauh dari pengaruh keluarga atau masyarakat. Begitu dia bisa membaca dan menulis maka ibunya menghadirkan untuknya buku-buku agama dari seluruh agama, baik agama langit atau agama bumi. Setelah membaca dengan mendalam,

Jumat, 25 November 2011

SELAMAT HARI GURU


Guru, sebuah profesi yang senantiasa memberikan panutan dan sumber ilmu untuk kita. Percayalah, sampai detik ini dan kapanpun, guru akan memberikan refleksi cahaya yang senantiasa akan selalu memancar di masa mendatang kepada muridnya.

Jika hari ini seorang Perdana Menteri berkuasa
Jika hari ini seorang Raja menaiki tahta
Jika hari ini seorang Presiden sebuah negara
Jika hari ini seorang Ulama mulia
Jika hari ini seorang Penulis terkemuka
Jika hari ini siapa saja menjadi dewasa
Sejarahnya dimulai dari seorang guru biasa
Dengan lembut sabarnya mengajar tulis-baca (Usman Awang, 1979)

Jumat, 18 November 2011

Undangan Hati

Undangan Hati
El Mukarrima

            Hari ini aku lelah sekali, ospek mahasiswa baru telah merampas seluruh perhatianku bahkan juga fisikku. Berangkat pagi pulang petang. Tubuhku yang dipenuhi atribut mulai dari pita warna-warni, kaos kaki selutut, tas ransel yang dibuat dari keranjang anyaman, seolah menjadi hal biasa bagi diriku semenjak dua hari lalu.

Senin, 07 November 2011

Berani



Salah seekor kuda zebra di sebuah hutan mempunyai kelebihan tersendiri di banding hewan-hewan liar lain. Sosoknya besar dan kekar, tapi perangainya begitu lembut. Tidak heran kalau banyak hewan begitu hormat padanya.
Sebegitu hormatnya, sebagian besar hewan bersepakat untuk mendudukkan si zebra besar itu menjadi pemimpin mereka. Hampir hewan apa saja, mulai dari burung, rusa, gajah, kuda, bahkan srigala sekalipun.
Hewan-hewan itu berharap banyak pada si zebra besar. Terutama, agar si zebra besar bisa berani memimpin mereka melawan singa gondrong yang selalu semena-mena. Hampir semua hewan-hewan itu pernah merasakan keganasan dan kerakusan si singa gondrong.

Senin, 17 Oktober 2011

Sabtu, 15 Oktober 2011

Kembali KepadaMu

Ketika wajah ini penat memikirkan dunia, maka berwudhulah
Ketika tangan ini letih menggapai cita-cita, maka bertakbirlah
Ketika pundak tak kuasa memikul amanah, maka bersujudlah
Ikhlaskan semuanya dan mendekatkanlah padaNya
Agar tunduk disaat yang lain angkuh
Agar teguh disaat yang lain runtuh
Agar tegar disaat yang lain terlempar jauh
dan ingat hanya Allah lah tempat kita untuk bergantung
Hasbunallah wa ni’mal wakil, ni’mal maula wa ni’man nashir

حسبن الله ونعم الوكيل نعم المولى ونعم النصير

"cukuplah Allah sebagai pelindung dan Allah sebaik-baiknya penolong"
Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Ar-Ra’d:28)

Jumat, 14 Oktober 2011

Bisa Karena Terbiasa

Pepatah jawa mengatakan "Witing tresna jalaran saka kulina" yang artinya "Cinta itu tumbuh karena terbiasa"
Haha.. kalau pembukanya aja beginian, pasti yang baca langsung semangat, cinta memang selalu menjadi trending topic paling atas deh, apalagi buat yang muda :p #tuh kan jadi senyum-senyum sendiri, hehe

Sabtu, 08 Oktober 2011

Mencumbu Malam


Gelegat bulan merayu manja
Kerlingan bintang merajuk kasih
Ah malam bersimfoni klasik
Resah diri dengan tingkahmu
Bertatap rayu mengajak sendu
Tak sadar bait menghujam tanya

Selasa, 04 Oktober 2011

Meminang Sang Pangeran



aku tahu, aku hanya seorang wanita
yang tugasnya menunggu sang pangeran
dalam penantian

kata mereka, kau yang berhak memilih
dan kami, perempuan, hanya bisa
menolak atau menerima lamaran

Sabtu, 27 Agustus 2011

Membuka diri=Memberi kesempatan SUKSES


Malam ini aku nggak sengaja nonton acara reality show "Pengabdian", sebuah acara yang menampilkan seorang dokter terjun langsung ke daerah pedalaman untuk mengabdikan keahliannya dalam meyembuhkan para pasien, subhanallah.. antara bangga dan sedih saat menyaksikannya, bangganya karena ternyata masih ada di zaman seperti sekarang orang baik seperti beliau, sedihnya mengingat cita-citaku sejak kecil yang tak bisa terwujud, ya dari kecil aku sudah ingin sekali menjadi seorang dokter, tapi takdir berkata lain, alhamdulillah aku masih berkecimpung juga dalam dunia kesehatan, sekarang aku sedang menempuh studi di kebidanan. (semoga aku bisa mengabdikan keahlianku kelak, amin ya mujiib).

Kamis, 18 Agustus 2011

Kutipan Percakapan 2


Kenapa aku suka sekali mengutip percakapan dalam sebuah film ya, wah sepertinya aku cocok jadi pengamat nih, hehe.
Tadi pagi sewaktu usai sahur, aku nonton TV "Para Pencari Tuhan", waktu itu lagi adegan si Azam berbincang dengan ibunya, mungkin seperti ini sedikit kutipannya.

Selasa, 16 Agustus 2011

Mueeza, si kucing pintar


Kucing si binatang berbulu.
Dari dulu aku sudah cinta kucing, kakek-nenekku dulu malah sampai punya sepuluh kucing, waw.. kalau aku mah tiga udah cukup, tapi sekarang udah mati semua :(
Nostalgia nih sama Cemi kucing anggoraku yang imut, kemana-mana dia selalu ngekor dibelakangku, bahkan setiap aku berangkat sekolah (waktu SMP) dia selalu ngejar motorku sampai depan gang, abis gitu dia balik lagi ke rumah. Semua mantan kucing peliharaanku itu pinter loh, mereka semua kalau bab atau pipis selalu di toilet, padahal ga ada yang ngajarin, subhanallah.

Senin, 15 Agustus 2011

Kutipan Percakapan 1

Tadi pagi sewaktu sahur iseng nonton TV, kebetulan filmnya Para Pencari Tuhan, aku simak detail demi detail percakapan para pemainnya, banyak banget pesan moralnya. Nyesel ga pernah ngikutin nih film. Tadi pagi, aku mendapat pelajaran tentang ikhlas saat percakapan antara Udin dengan Asrul.

Sabtu, 13 Agustus 2011

Kertas Lusuh Tio

                “Lihatlah gaya pakaianmu, seperti  anak jalanan saja,” Bakri abang dari Tio menatap adik bungsunya dengan tatapan kecewa.
                “Memang ada yang salah?” Tio memperhatikan celana jeans yang sedikit dibawah lutut miliknya, kaos hitam bertuliskan “jogja” dibalut dengan jaket yang tak kalah hitamnya, rambut sebahu dengan gitar yang menggelantung dibalik punggungnya (jadi inget sosok Mo Kyul di drama Marry Me Mary, hehe)

Rabu, 10 Agustus 2011

Kenapa doaku belum dikabulkan?

"Kenapa doaku belum juga dikabulkan?"
Mungkin kita sering mendengar pertanyaan seperti itu, atau mungkin kita sedang bertanya layaknya mereka?
Tak jarang, kalian akan mendapat jawaban "Mungkin Tuhan punya rencana lain yang lebih indah"
Hihi jawaban klasik untuk pertanyaan klasik, coba kita sekali-kali berfikir untuk mencari jawaban lain, ya setidaknya jika kita menemukan jawaban berbeda akan timbul perasaan motivasi menggebu untuk tetap terus dan terus berdoa yang sama (tapi jangan minta Bulan bisa digenggam tanganmu loh ya!!! sama aja bo'ong tuh) Ya meskipun kita tahu tak ada yang mustahil bagi Allah SWT, tapi seenggaknya kita harus bisa berfikir secara realis dong, hehe.

Minggu, 07 Agustus 2011

Karakter Nama dari huruf Depan

Nama kamu dimulai dengan huruf A



Kamu tidak terlalu romantis, tapi kamu tertarik dalam bertindak. Artinya bisnis. Bagi kamu, apa yang kamu lihat adalah apa yang kamu dapat. Kamu tidak memiliki kesabaran untuk mengkritik dan tidak dapat diganggu dengan orang yang mencoba terlihat lemah, manis dan menggoda. Kamu adalah orang yang ada di baris terdepan.
Kamu sering tidak mendapat petunjuk dan kamu tidak pernah memberikan petunjuk. Bentuk fisik pasangan sangat penting buat kamu. Kamu melihat proses pengejaran dan ‘berburu’ sebagai proses yang menarik. Kamu berhasrat, dan menjadi lebih berpetualang daripada kelihatannya, namun, kamu tidak mengiklankan diri sedemikian rupa.
Kebutuhan fisik kamu adalah hal yang terpenting. Kamu cenderung menjadi egois dan tidak emosional. Kamu dan kebutuhan kamu adalah yang terpenting. Yang lain dan perasaan mereka nomor dua. Pilihan kamu tidak terlalu bagus dan sering membawa kamu ke dalam masalah.

Rabu, 27 Juli 2011

PAY IT FORWARD


Pernah nonton film "PAY IT FORWARD" ga?

Saat terlintas keraguan apakah mungkin perbuatan baik yang kecil dan sederhana yang kita lakukan kepada orang lain akan mampu mempengaruhi kehidupan mereka, mungkin Film “PAY IT FORWARD” bisa menjadi pendorong yang memberikan kita semangat untuk selalu tidak jemu-jemu berbuat baik kepada orang lain.

Minggu, 24 Juli 2011

Lakukanlah dengan Hati

              “Kau sangat ingin debut?” tanya Oh Hyuk, melihat Hye Mi yang terlihat sangat gembira.
            “Tentu saja, jika debut aku bisa membayar  hutang-hutang kita. Aku juga bisa membayarmu.” Ujar Hye Mi.
            “Kalau itu alasanmu, lebih baik tidak usah debut. “ kata Oh Hyuk dengan tenang.
            Itu adalah petikan percakapan Oh Hyuk -guru sebuah sekolah musik- dengan Hye Mi -salah seorang siswinya- dalam drama Dream High episode sebelas. Jika kita memperhatikan percakapan itu dengan teliti tentu kita bisa menemukan sesuatu pesan yang aku rasa itu sangat berguna untuk kita. Kalau aku bisa tebak dari penilaian sudut pandangku inti pesannya itu, “Lakukanlah dengan hati.”

Jumat, 22 Juli 2011

Sekarang Siput, Besok Kuda


‎"Drama ini masih jauh dari akhir. Jadi jangan khawatir jika segala sesuatu berjalan lambat. Dibandingkan mereka yang berjalan cepat, orang yang berjalan lambat bisa melihat segala sesuatu dengan lebih jelas. Jika kau menanyakan padaku siapa yang memiliki potensi yang lebih besar, maka orang yang berjalan lebih lambat akan lebih berhati-hati dan berpengalaman."

Senin, 11 Juli 2011

Lebih dari Sekedar Harta Karun

Semalem iseng nggledah ruangan belakang yang udah lebih mirip gudang penyimpanan barang-barang ga kepake', aku nemuin sebuah buku yang terjepit diantara tumpukan barang-barang berdebu.
Fuh, setelah kubersihkan aku menjumpai sebuah buku dengan judul yang cukup membuatku berpikir dan bertanda tanya setidaknya dalam hitungan beberapa detik sebelum aku membuka lembar halaman berikutnya.
Dibuku yang ku temukan dalam kondisi sangat amat tua, kumal, lusuh dan nyaris lapuk puk puk. Aku masih bisa dengan jelas membaca sebuah judul "TALMUD dan AMBISI YAHUDI"
Covernya bergambar bintang david yang melingkar ular dengan tetesan darah, hiiii dari cover udah terlihat seremnya.

Senin, 04 Juli 2011

Jalan Cinta Para Pejuang

Rasa memiliki seringkali membawa kelalaian. Kata orang Jawa, Milik nggendhong lali. Maka menjadi seorang manusia yang hakikatnya hamba adalah belajar untuk menikmati sesuatu yang bukan milik kita, sekaligus mempertahankan kesadaran bahwa kita hanya dipinjami. Inilah sulitnya. Tak seperti seorang tukang parkir yang hanya dititipi, kita diberi bekal oleh Allah untuk mengayakan nilai guna karuniaNya. Maka rasa memiliki kadang menjadi sulit ditepis..

Selasa, 28 Juni 2011

Anting Putri


Aku masih berdiri melipat kedua tanganku di dada, menggeleng-gelengkan kepala melihat tingkah laku si gadis kecil yang lincah berlari dari satu rak ke rak aksesoris lainnya.
            “Kak yang ini ya? Putri mau yang gambar mickey mouse” Putri menunjuk ke arah anting-anting yang menggelantung di dalam etalae kaca. Putri adalah gadis kecil yang baru menginjak usia 7 tahun, dia adikku, seperti yang sudah aku duga, pasti Putri memilih aksesoris yang bergambar tokoh kartun favoritnya itu.

Kamis, 09 Juni 2011

NIKEN

Lewat catatan lusuhnya Niken kembali merangkai sebuah kalimat. Entah kalimat apa itu, mungkin sebagian orang awam yang tak mengenal jenis kata itu akan menduganya itu adalah spesifikasi bahasa planet lain.
Niken mengulum senyum yang terkesan tak dapat diartikan, sebuah kesedihan, kebahagiaan, ataupun kemarahan. Mimik wajahnya yang unik, dengan bola mata yang berukuran sedang, alis yang melengkung bak bulan sabit, menambah kesan indah di rembulan wajah putihnya.

Rabu, 08 Juni 2011

Salahkah Jika Berjilbab?



         Pak Pak Broto, salah seorang pemuka yang begitu dihormati di kampung Seduri. Bukan saja karena alimnya. Siapa yang yang tak kenal dengan lelaki baya ini. Lelaki yang telah berhasil membuat kampung Seduri sukses mendapat predikat kampung terbersih, terhijau, dan masih banyak lagi kategori ter- lainnya.

Sabtu, 21 Mei 2011

Mimpi Dikerubungi Ulat

Jujur aku ini termasuk orang yang jarang bermimpi. Entah kenapa, tiba-tiba kemarin malam aku bermimpi aneh. Di dalam mimpiku aku melihat diriku yang masih mengenakan seragam putih abu-abu dan dikerubungi dengan ulat-ulat berwarna cokelat cukup banyak.

Senin, 09 Mei 2011

Ilmu Ikhlas?

Sebelum kita membahas tentang definisi ikhlas, yuk baca 2 penggal kisah dariku ini :)

Senin, 02 Mei 2011

Untitled

CINTA itu aneh
menurutmu?

  • Terkadang kamu lebih memilih tuk berpura-pura bahagia, karena kamu tak ingin dia tahu bahwa dia adalah alasan kamu bersedih.
  • Terkadang kamu sengaja berbuat sesuatu yg bodoh hanya untuk menarik perhatiannya.
  • Tak peduli seberapa banyak dia telah buatmu kecewa, kamu selalu menemukan kata maaf untuknya.
  • Semakin kamu berusaha menghapus dia dari hatimu, semakin sering dia muncul di pikiranmu.
  • Kamu tidak akan pernah tahu kapan kamu jatuh cinta, hingga kamu mulai bertanya-tanya dan meragukannya.

Senin, 25 April 2011

Sifat Manusia Berdasarkan Tanggal Lahir Menurut Al-Qur’an


Menyibak Rahasia Karakteristik Sifat Seseorang Sesuai Tanggal Lahirnya Menurut Al-Quran. Percaya atau tidak terserah bagaimana kita menyikapinya.

Sabtu, 23 April 2011

Teori Implisit untuk Tania

            “Eh Ris.. lo mau ngambil kuliah dimana nih?” gadis berkacamata yang berambut panjang itu membuka percakapan.
            Perempuan yang berada di depannya hanya menggelengkan kepalanya.
            “Loh kok gak tau sih? Payah lo ah! Tinggal sebulan lagi tau. Bukannya lo pengen  FK di Surabaya? Yaudah ambil sana aja, toh otak lo juga ga bodoh-bodoh amat. Gue aja yang di bawah standart juga berani ngambil kuliah di Bandung. Atau lo mau gabung ma gue aja?

Kamis, 14 April 2011

Kota Mesin

        “Aku muak dengan semua ini. Kembalikan aku dengan nenekku,” Zaki berteriak sekencang-kencangnya.
            “Tenanglah.. ada apa denganmu Zaki? Ku mohon, tenanglah sejenak,” wanita di depan Zaki terlihat begitu kebingungan melihat ulah Zaki yang sudah tak bisa dikendalikan lagi. Tanpa sadar, air mata wanita itupun menetes perlahan membasahi pipinya yang mulai ditutupi garis-garis keriput.

Sabtu, 09 April 2011

Jujur Harga Mati

            Seperti biasa, aku sangat menyukai cafetaria kecil yang sederhana ini. Selain letaknya hanya beberapa meter dari kantorku, menu makanan dan minuman disini juga bermacam-macam, harganya pun cukup murah. Meskipun tempatnya ramai akan pengunjung, tapi suasana disini terlihat begitu nyaman dan tenang.

Minggu, 03 April 2011

Sabtu, 02 April 2011

Tiga Pekan Bersamamu

Tiga Pekan Bersamamu
Oleh: El Mukarrima


            “Hei hei.. kakak cantik” anak kecil yang ada di sebelahku memanggilku berkali-kali. Entah dia juga seorang pasien atau anak iseng yang berkeliling di rumah sakit ini.
            “Diamlaaaaahhhh beriisssiiiikkk” teriakku dengan nada tinggi.

Kamis, 31 Maret 2011

Jangan Membenci Hujan Karenaku (Part 2)

Sebelumnya ini nih>>> Jangan Membenci Hujan Karenaku (Part 1)

           Aku menatap langit yang penuh dengan gumpalan-gumpalan awan putih. Sinar mentari yang menyela diantaranya, semakin menegaskan bahwa tak ada langit mendung diatas sana. Begitu cerah ditambah kicau burung yang terbang melintas diatasku. Tapi tetap saja tak bisa aku menutupi kalau ada seberkas mendung menutupi kilau mataku. Lagi-lagi aku tak bisa menahan bulir-bulir kristal untuk tak jatuh membasahi pipi, kejadian 3 tahun silam itu masih begitu mengoyak hati dan pikiranku. Lelaki kodok.

Minggu, 27 Maret 2011

Dialog JIHAD Wanita

E: Melahirkan itu kan sakit, tapi kenapa ya banyak yang pengen nglahirin. Terutama yang udah jadi istri, alias udah married?
A: Karena JIHADnya seorang wanita adalah saat dia melahirkan, melahirkan itu proses perjuangan yang mempertaruhkan nyawa, bisa dibilang ini proses antara hidup dan mati.

Jumat, 25 Maret 2011

Si Potlot Punya Makna

Hari ini Jam pelajaran ke 4 diisi oleh guru paling favorit seantero SMADA, yup bener banget beliau adalah Pak Fus -Guru B.Indonesia-

Kamis, 24 Maret 2011

Nadir yang Menghilang

           Ku tekan lagi dibagian dadaku. Berharap ada sesuatu yang membulat tajam untukku merasa hal yang berbeda. Tapi tak ku temukan hal itu. Lama aku mencobanya, bahkan berulang kali. Hasilnya  masih sama seperti yang tadi dan bahkan tak ada beda sama sekali.

Minggu, 20 Maret 2011

Jangan Membenci Hujan Karenaku (Part 1)


         Kembali dia menyalakan motor, wajahnya yang tirus dengan garis-garis tegas dibagian wajahnya semakin terlihat jelas terkena pantulan lampu-lampu jalan raya. Tatapannya tajam lurus ke depan, dia tak memperhatikanku atau sekedar bertanya tentang keadaanku yang sekarang benar-benar beku karena udara kota Malang ini. Bibirku membiru gemetaran, mungkin jika ada cermin akan terlihat pantulan wajahku yang seperti mayat hidup karena pucat.

Selasa, 15 Maret 2011

Kuda-kudaan

     Sudah menjadi kewajiban bagi Baginda Rosul untuk menunaikan sholat secara berjamaah. Disuatu bilangan rakaat dimana baginda yang mulia ini sedang bersujud, tiba-tiba dua cucunya yang masih berusia dini itu -Husen dan Hasan- menaiki punggungnnya. Husen dan Hasan bermain layaknya kuda-kudaan. 

     Sang Baginda pun berdiam lama dalam sujudnya. Para sahabat yang menjadi makmumnya terheran-heran, ada apa gerangan? Kenapa sujud kali ini terasa lebih lama? Berkelibat pertanyaan muncul di kepala mereka. Tak kuasa, akhirnya salah seorang dari mereka mendongakkan kepalanya. Dilihatnya ternyata di punggung Baginda ada Husen dan Hasan sedang bermain. Baginda tetap tak bergeming, hingga akhirnya kedua cucunya itu turun sendiri dari punggung baginda yang mulia Rosulullah SAW.

Dirindu Rosulullah

     Mendadak semua orang saling mengerutkan dahi, majelis menjadi hening. Betapa tidak, ini hal pertama bagi Baginda Rosul mengungkapkan sesuatu. Tidak terkecuali dengan Abu Bakar, rasa penasaran yang berkelibat di kepalanya akhirnya membuat dirinya melontarkan sebuah pertanyaan akan teka-teki ini, "Bagaimana dengan kami ya Baginda? Bukankah kami ini saudaramu juga? Mengapa engkau berkata demikian?"

Senin, 07 Maret 2011

Yang Merindukan Cahayamu

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Duhai kekasih Allah,

            Sebelumnya aku ingin mengucap Alhamdulillah karena semenjak lahir di muka bumi ini, aku sudah diperkenalkan dengan sosok yang namanya selalu bersanding dengan nama Allah. Lewat cerita dari keluarga, guru agama di sekolah, ustadzah di TPA, bahkan lewat buku-buku islami, aku menemukan kisah tentang dirimu. Ya Habibullah..

Kupu-kupu

Lihatlah!!!
Kupu-kupu tak mampu untuk melihat sayap indahnya *kasian ya*
Tapi kita semua bisa melihat betapa indahnya sayap si kupu-kupu

Tuhanku tau aku lemah

Tuhanku tau aku lemah
Perjumpaanku denganNya slalu bertumpah air mata
Tuhanku tau aku lemah
Semua keluh-kesah ku adukan padaNya

Mencintai Sejantan Ali

Ini nih kisah paling romantis dan paling favorit, menurutku sih
Tapi aku yakin 100% kalian juga pasti sepakat denganku
^^
Yuk dibaca !

Tatapan Sinis Si Lampu Kuning

           Dinda masih terus saja terisak, nyaris semua baju yang ada di lemarinya dikeluarkan dan dimasukkan ke dalam koper hitam yang berukuran besar. Masih teringat jelas memoar-memoar 8 tahun silamnya. Saat Dinda masih menjadi seorang gadis SMA yang bersekolah di desa tempat kelahirannya.

Cinta dalam Lembar Elektronikku

            Kupandangi lagi lekukan yang menjorok ke dalam dibagian pipinya, garis-garis simetris yang menarik bibir tipisnya membentuk sebuah cekungan, jenggot tipis yang menghiasi dagu, sungguh terlihat mempesona bagi diriku. “Inikah yang namanya ta’aruf?” Kembali pertanyaan itu menggelitik pikiranku.

untukMu

Masih teringat jelas saat diriku tertatih belajar mencintaiMu
Cerita dari lingkup keluarga hingga kajian-kajian madrasah ilmu di lingkup lebih luas
Berbilang hari berganti hari hingga tahun ke-17 di usiaku

Umar bin Khattab

 Pada masa pemerintahan Umar, kekeringan mengepung negerinya. Tanah-tanah menghitam bagai terbakar, pepohonan kering meranggas, dan air dalam sumur tak lagi melimpah. Umat Islam saat itu mengalami masalah ekonomi yang pailit. Sebagai bentuk keprihatinan dan kebersahajaannya, Umar pun mengurangi diri sendiri dari nikmatnya makan minum.

Tolong sampaikan pada si dia

Tolong beritahu si dia, aku ada pesan untuknya...
Tolong beritahu si dia, cinta agung ini adalah cintaNya
Tolong beritahu si dia, cinta manusia akan membuatnya alpha…
Tolong nasihati si dia, jangan mencintaiku lebih dari dia mencintai Yang Maha Esa
Tolong nasihati si dia, jangan mengingatku lebih dari dia mengingat Yang Maha Kuasa
Tolong nasihati si dia, jangan mendoakanku lebih dari dia mendoakan ibu bapaknya

Wahai pemilik tulang rusukku

Wahai akhi yang tak pernah ku jumpai
Izinkan aku mengatakan sesuatu

Akhi pemilik tulang rusukku..
Disini aku berdiam dalam hati menanti

Sabtu, 05 Maret 2011

Kisah Cinta Salman Al-Farisi


     Salman Al Farisi memang sudah waktunya menikah. Seorang wanita Anshar yang dikenalnya sebagai wanita mukminah lagi shalihah juga telah mengambil tempat di hatinya. Tentu saja bukan sebagai kekasih. Tetapi sebagai sebuah pilihan dan pilahan yang dirasa tepat. Pilihan menurut akal sehat. Dan pilahan menurut perasaan yang halus, juga ruh yang suci.

Rabu, 02 Maret 2011

Belajar dari Khubaib bin Adi

Saat menghadapi dieksekusi mati di tiang gantungan, Abu Sufyan memberinya kesempatan untuk mengatakan keinginan terakhirnya. Apa yang ia minta? Khubaib minta shalat.

Al Khansa

Al-Khansa terkenal dengan julukan, lbu para syuhada. Al-Khansa terlahir pada zaman jahiliyah dan tumbuh besar di tengah suku bangsa Arab yang mulia, yaitu Bani Mudhar. Sehingga banyak sifat mulia yang terdapat dalam diri Al-Khansa. la adalah seorang yang fasih, mulia, murah hati, tenang, pemberani, tegas, tidak kenal pura-pura, suka terus terang.

Sumayyah~

 Sumaiyah binti Khabbab merupakan hamba sahaya dari Abu Huzaifah bin Al-Mughirah, seorang pembesar Quraisy.
Beliau dinikahi oleh Yasir, seorang pendatang yg kemudian menetap di Mekah. Tidak berselang lama dari pernikahannya lahirlah anak mereka berdua yg bernama Ammar dan Ubaidullah

Selasa, 01 Maret 2011

5 KUNCI

Agar jiwa kita tenang dan kokoh menghadapi persoalan hidup, berikut ini ada tips yang layak untuk diikuti:


1. AKU HARUS SIAP MENGHADAPI HIDUP INI, APAPUN YANG TERJADI

Rabu, 23 Februari 2011

Untitled

          Gubraaaakkkk…. Aku menghantamnya dengan keras. “Sial!!!” tetap tak ada perubahan.

Selasa, 22 Februari 2011

Bukan Sepatu Cinderella

          Diriku bangun sesaat setelah terdengar pintu kamar yang terbuka, ditambah dinginnya udara pagi yang merangsak masuk melewati celah-celah dinding bambu.

Aben dan Moto GP

Val Ross

           “Hhhhh…sial !!! gerbangnya sudah di tutup”, Aben mendengus kesal. Terpaksa dia harus menunggu 30 menit lagi untuk bisa masuk ke dalam sekolah.

Minggu, 20 Februari 2011

Mencintai Dalam Hening (copas)

Duhai gadis, maukah ku beritahukan padamu bagaimana mencintai dengan indah ?
Inginkah ku bisikkan bagaimana mencintai dengan syahdu..?
Maka dengarlah…!

Kamis, 17 Februari 2011

Muhasabah Cinta

Dua hari lalu, saat kebosanan melanda.. seperti biasa, aku selalu mengambil buku untuk di baca.
Tapi tidak untuk dua hari lalu, karena ternyata stok buku koleksiku sudah di baca semua. Rata-rata, aku masih mengingat jelas semua isi buku yang terpampang itu. Hemm.. ku perhatikan satu persatu, dan ada buku berwarna biru muda yang menarik perhatianku. Judulnya "Muhasabah Cinta Seorang Istri" ternyata itu buku tahun lalu yang aku hadiahkan ke mama pas ultah. Berhubung tuh buku belum pernah aku baca, yauda aku ambil aja untuk pilihan pereda rasa BOSAN saat itu.